Inkreatif - Blog Tutorial 2018

Cara Termudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting

Inkreatif.zone.id - Saat tiba-tiba Windows tidak mau booting dan di dalam-nya masih ada Data atau pun File penting pasti pertanyaan pertama sobat seperti ini "gimana yah cara backup filenya?" sambil masang muka panik, haha. Bagi yang baru pertama kali mengalami pasti memang pusing, bingung. Tapi tenang, karena saya juga sudah pernah mengalaminya, saya akan berbagi bagaimana Cara Termudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting. Cara ini bisa di lakukan jika kita memiliki DVD installer Windows 7, 8 atau 10, bisa juga USB intaller Windows. Cara ini tetap berlaku meski versi installer DVD/USB berbeda dari versi OS yang terpasang.
gayagadget.blogspot.com
Backup File
Jadi gimana caranya?

Booting dari USB/DVD WIndows Installer


1. Yang pertama masukkan DVD installer Windows pada DVD drive, atau pasang USB installer pada port USB. Pastikan booting di atur pada DVD/USB terlebih dahulu. Jika semua sudah sesuai, sobat akan menemui tulisan "Press any key to boot from CD or DVD".

Tekan tombol sembarang di keyboard untuk menjalankan installer.


gayagadget.blogspot.com
Press any key


2. Untuk proses ini sobat memakai intaller Windows 7, 8 atau 10. Coba cari tulisan Repair your computer yang terletak di sisi bawah instalasi windows.




3. Apabila sobat memakai installer Windows 8 atau 10, pilih Troubleshoot > Advanced Option > Command Prompt.




4. Tapi Jika sobat memakai installer Windows 7, pilih Restore your computer using a system image you created earlier. Klik next, cancel dan cancel lagi.




5. Sekarang sobat bisa lihat Windows system option, untuk menjalankan command prompt, kliklah command prompt.




6. Kalau sobat sudah melihat jendela Command Prompt, ketik Note Pad dan tekan enter untuk menjalankan notepad. Setelah jendela notepad terbuka, pilih File, pilih Open.




7. Pastikan sobat memilih all Files pada bagian bawah jendela dan tekan pilihan computer option.


Kamu bisa menggunakan jendela Open Notepad seperti jika sobat sedang membuka Windows Explorer untuk melakukan perintah copy-paste-move-delete dan sebagainya.


Masukan media penyimpanan untuk melakukan backup data/File penting . Pindahkan File yang diperlukan. Dan proses backup tetap bisa dilakukan meski Windows tidak bisa booting.




8. Saat melakukan backup, jangan klik dobel seperti pada Windows Explorer yang seperti biasanya, karena hal tersebut bisa membuat jendela Notepad freeze atau nge-lag. Jika sudah terjadi freeze, sobar bisa mengetik taskmgr untuk menjalankan task manager, lalu hentikan proses Notepad yang nge-lag tadi dan jalnkan ulang Notepad.




Apabila sobat sudah selesai meng-copy semua data dari hard-drive, tutuplah jendela-jendela yang terbuka tadi dan lakukan shut down komputer/laptop sobat.

Sekarang sobat tak perlu ragu atau cemas untuk melakukan install ulang, karena semua data sudah ter backup.

Bagaimana, sobat sudah bisa kan? sekarang nggak perlu pusing lagi buat mem-backup kalau tiba-tiba Windows tidak bisa booting.


Sekian Cara Termudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting. Semoga bisa bermanfaat buat sobat sekalian. See You ^_^

Tag : Tutorial, Windows
0 Komentar untuk "Cara Termudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting "

Back To Top